Strategi Personal Branding Fitra Eri dalam Membangun Kredibilitas Sebagai Vlogger Otomotif Indonesia
Main Author: | Chrisnadi, Chrisnadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14348/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14348/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14348/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14348/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14348/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14348/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14348/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14348/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14348/ |
ctrlnum |
14348 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/14348/</relation><title>Strategi Personal Branding Fitra Eri dalam Membangun Kredibilitas Sebagai Vlogger Otomotif Indonesia</title><creator>Chrisnadi, Chrisnadi</creator><subject>HD30 Strategic Communication</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi semakin berkembangnya fenomena personal branding, terutama di era digital seperti saat ini yang memanfaatkan teknologi komunikasi media sosial. Fitra Eri sebagai expertise di dunia otomotif juga memanfaatkan keberadaan media sosial untuk mem-branding dirinya sebagai vlogger otomotif. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana strategi personal branding yang dilakukan Fitra Eri untuk membangun kredibilitasnya sebagai vlogger otomotif Indonesia. Analisis penelitian ini didasarkan strategi penerapan personal branding dan teori kredibilitas sumber. Acuan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah delapan strategi personal branding oleh Montoya, yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, kenampakan, kesatuan, keteguhan, dan maksud baik. Penelitian ini menggunakan paradigma postpositivism dan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi berupa beberapa artikel online dan video di YouTube channel Fitra Eri. Hasil penelitian menujukan bahwa Fitra Eri telah memenuhi dua faktor teori kredibilitas sumber, yaitu faktor keahlian sumber (source expertise) dan faktor kepercayaan sumber (source trustworthiness) dengan menerapkan kedelapan strategi personal branding. Secara khusus, personal branding Fitra Eri bertumpu pada tiga strategi utama, yaitu 1.) Spesialisasi, dengan menunjukan passion dan kemampuannya di bidang otomotif; 2.) Kesatuan, dengan selalu menjunjung nilai kejujuran dan kebenaran, 3.) Maksud baik, yang diperlihatkan dengan membuat konten-konten yang bermanfaat bagi penontonnya.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14348/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14348/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14348/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14348/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14348/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14348/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14348/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14348/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Chrisnadi, Chrisnadi (2020) Strategi Personal Branding Fitra Eri dalam Membangun Kredibilitas Sebagai Vlogger Otomotif Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>14348</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Chrisnadi, Chrisnadi |
title |
Strategi Personal Branding Fitra Eri dalam Membangun Kredibilitas Sebagai Vlogger Otomotif Indonesia |
publishDate |
2020 |
topic |
HD30 Strategic Communication |
url |
http://kc.umn.ac.id/14348/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14348/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14348/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14348/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14348/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14348/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14348/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14348/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14348/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi semakin berkembangnya fenomena personal branding, terutama di era digital seperti saat ini yang memanfaatkan teknologi komunikasi media sosial. Fitra Eri sebagai expertise di dunia otomotif juga memanfaatkan keberadaan media sosial untuk mem-branding dirinya sebagai vlogger otomotif. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana strategi personal branding yang dilakukan Fitra Eri untuk membangun kredibilitasnya sebagai vlogger otomotif Indonesia. Analisis penelitian ini didasarkan strategi penerapan personal branding dan teori kredibilitas sumber. Acuan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah delapan strategi personal branding oleh Montoya, yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, kenampakan, kesatuan, keteguhan, dan maksud baik. Penelitian ini menggunakan paradigma postpositivism dan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi berupa beberapa artikel online dan video di YouTube channel Fitra Eri. Hasil penelitian menujukan bahwa Fitra Eri telah memenuhi dua faktor teori kredibilitas sumber, yaitu faktor keahlian sumber (source expertise) dan faktor kepercayaan sumber (source trustworthiness) dengan menerapkan kedelapan strategi personal branding. Secara khusus, personal branding Fitra Eri bertumpu pada tiga strategi utama, yaitu 1.) Spesialisasi, dengan menunjukan passion dan kemampuannya di bidang otomotif; 2.) Kesatuan, dengan selalu menjunjung nilai kejujuran dan kebenaran, 3.) Maksud baik, yang diperlihatkan dengan membuat konten-konten yang bermanfaat bagi penontonnya. |
id |
IOS6965.14348 |
institution |
Universitas Multimedia Nusantara |
institution_id |
355 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara |
library_id |
306 |
collection |
Knowledge Center UMN |
repository_id |
6965 |
subject_area |
Business/Bisnis Communication/Komunikasi Art Apreciation/Apresiasi Seni Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
city |
TANGERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6965 |
first_indexed |
2020-12-19T03:51:34Z |
last_indexed |
2020-12-19T03:51:34Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686477464963907584 |
score |
17.538404 |