Daftar Isi:
  • Budaya organisasi merupakan suatu hal yang penting bagi suatu perusahaan. Adanya budaya organisasi dapat menjadi tolok ukur bagi perusahaan untuk mencapai efisiensi, efektivitas, produktivitas, dan etos kerja. Pentingnya budaya organisasi bagi perusahaan mendorong perusahaan seperti PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk untuk fokus pada penerapan budaya organisasi. Penerapan budaya organisasi di PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk dilakukan oleh Divisi Organization Development. Proses pelaksanaan kerja magang dilakukan di Divisi Organization Development selama kurang lebih 6 bulan. Seiring dengan meningkatnya pengguna media sosial, maka Divisi Organization Development mulai melakukan komunikasi internal terkait budaya organisasi melalui media sosial dengan membuat akun Instagram bernama Alfamart Gema Budaya. Dalam laporan magang berjudul “Pemanfaatan Platform Sosial Media Dalam Program Komunikasi Organisasi Di PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk” ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai aktivitas apa saja yang dilakukan untuk melakukan komunikasi internal dan manajemen media sosial internal perusahaan dalam rangka menerapkan budaya organisasi di PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. Selama proses pelaksanaan kegiatan kerja magang, komunikasi internal dan manajemen media sosial dapat terdiri dari aktivitas pembuatan konten, mengamati aktivitas setiap akun media sosial perusahaan, melakukan analisis engagement untuk akun media sosial, dan melaporkan hasil engagement akun kepada Organization Development Manager. Secara keseluruhan proses komunikasi organisasi dan pengelolaan media sosial di PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk telah terlaksana dengan baik. Namun, masih diperlukan tim khusus yang lebih kompeten dan fokus untuk melaksanakan kegiatan komunikasi internal terkait budaya organisasi perusahaan.