Strategi Investor Relations PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dalam Mengelola Hubungan dengan Shareholders Dalam Negeri
Main Author: | Sugeng Widodo, Oriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14284/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14284/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14284/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14284/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14284/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14284/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14284/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14284/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14284/ |
Daftar Isi:
- PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk. merupakan perusahaan penyedia layanan dan jaringan telekomunikasi terbesar di Indonesia, yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebagai perusahaan terbuka Telkom wajib untuk transparansi terkait informasi seputar perusahaan dan laporan keuangan secara lengkap dan akurat yang diatur oleh unit Investor Relations. Teori, konsep dan model yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, yaitu Stakeholder Theory, Corporate Communication, dan model praktik Investor Relations menurut Anne Guimard (2013). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode studi kasus Yin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Investor Relations PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. telah dilakukan berdasarkan tahapan yang terstruktur. Pertama dari mengidentifikasi, menganalisis dan mengenal identitas dari shareholders yang dimiliki, sehingga nantinya bisa diketahui ekspetasi atau market expectation yang diinginkan oleh tiap investornya yang dipenuhi melalui informasi yang akan diberikan. Dengan begitu, untuk menjalin hubungan dan relasi yang baik dengan para shareholders diperlukan berbagai pendekatan dan jalur komunikasi, di mana setiap alat komunikasi yang digunakan memiliki peranannya masing-masing tergantung dari tingkat kebutuhannya. Setelah itu, akan dilaksanakan perception study untuk mendapatkan feedback terkait persepsi para investor terhadap perusahaan, sebagai bahan evaluasi pelayanan yang diberikan unit IR Telkom.