Strategi Social Media Marketing PopStar sebagai Platform Influencer dalam Membangun Customer Engagement: Studi Kasus pada Instagram @PopStar_Me
Main Author: | Valenciana, Febiola |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14268/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14268/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14268/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14268/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14268/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14268/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14268/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14268/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14268/ |
Daftar Isi:
- PopStar merupakan platform pemasaran influencer yang memiliki tujuan untuk menjadi jembatan antara influencer dan brand untuk saling bekerjasama, baru berdiri sejak tahun 2018 tetapi sudah terdapat lebih dari 250.000 influencer yang telah bergabung ke dalam platform. PopStar menggunakan Instagram sebagai media komunikasi utama tetapi tetap berintegrasi dengan saluran media lain untuk mempromosikan dan membagikan konten informatif sehingga dapat mengedukasi dan membangun keterlibatan para influencer sehingga penelitian ini, yang berjudul âStrategi Social Media Marketing PopStar Sebagai Platform Influencer Dalam Membangun Customer Engagement: Studi Kasus Pada Instagram @PopStar_Meâ bertujuan untuk mengetahui mengenai bagaimana strategi social media marketing PopStar sebagai platform Influencer dalam membangun customer engagement. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, terdapat konsep yang digunakan dalam penelitian seperti social media marketing, Influencer, the social media strategy wheel dan juga customer engagement. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam secara online dengan ketiga narasumber yang terdiri dari dua partisipan dan seorang informan ahli kemudian juga terdapat studi dokumentasi yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PopStar sebagai platform Influencer, menggunakan Instagram sebagai media pemasaran tetapi tetap bisa disesuaikan dengan berbagai lapisan dari konsep The Social Media Strategy Wheel dari Breakenridge seperti adanya berbagai konten yang dibuat secara konsisten yang mengacu pada konten pilar seperti konten branding, konten edukasi dan juga konten fun dan light yang berguna untuk menyesuaikan kebutuhan para audiensi sehingga dapat membantu membangun customer engagement PopStar.