Daftar Isi:
  • Magang adalah hal yang sangat penting bagi mahasiswa semester akhir yang akan lulus masa perkuliahan, karena selama kerja magang mahasiswa akan menerima ilmu dan pengetahuan yang tidak didapatkan selama masa perkuliahan dan mengenal sistem kerja yang sesungguhnya. Penulis memilih Studio Anoman sebagai tempat magang karena penulis ingin mengetahui sistem dan cara bekerja industri video game lokal yang ada di Indonesia. Namun, aplikasi dan program yang digunakan di standar dunia kerja untuk perancangan aset 3D berbeda dengan yang dipelajari selama masa perkuliahan sehingga penulis harus mempelajari terlebih dahulu program yang bersangkutan sebelum dapat benar-benar memulai kerja magang. Terlebih lagi, karena Studio Anoman terpisah menjadi dua cabang, yaitu di Jakarta dan Surabaya, terjadi banyak miskomunikasi dan pada akhirnya memperlambat proses perancangan desain 2D maupun 3D. Untuk mengatasi kendala ini, penulis banyak menggunakan jam di luar jam kerja kantor untuk mempelajari program dan aplikasi baru yang akan digunakan selama kerja magang, dan sering berkomunikasi dan memberikan saran antar kedua pihak untuk melancarkan perancangan desain menjadi lebih efektif dan efisien.