Analisis perbandingan multi-phase queuing system dengan metode simulasi pada drive thru mcdonald’s lippo village dan drive thru kfc alam sutera
Main Author: | Winoto, Winoto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/1423/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/1423/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/1423/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/1423/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/1423/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/1423/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/1423/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/1423/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/1423/ |
Daftar Isi:
- Seiring perkembangan ekonomi dan pendapatan masyarakat, waktu menjadi penting dan berharga. Secara tidak langsung, fenomena ini mengubah pola pikir masyarakat menuju hal-hal yang praktis. Salah satu contoh nyata yaitu Drive Thru, dimana konsumen dapat melakukan transaksi di dalam mobil. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah waktu tunggu konsumen. Kepuasan pelanggan menurun ketika konsumen menunggu lama di dalam antrian. Ketika konsumen kecewa dan merasa dirugikan, maka kemungkinan besar konsumen tersebut tidak akan melakukan pembelian di kemudian hari dan bahkan menyebarkan isu negatif terkait perusahaan. Dan akibatnya berdampak pada kehilangan penjualan dan penurunan profitabilitas. Dengan demikian, para pengelola Drive Thru harus memperhatikan faktor yang mempengaruhi waktu tunggu antrian konsumen, salah satunya kecepatan pelayanan. Observasi secara langsung dilakukan pada kedua objek penelitian yang memiliki desain proses berbeda. Kemudian dilakukan pengolahan data dengan metode simulasi untuk memperoleh waktu tunggu antrian dan waktu pelayanan. Hasil akhir menunjukkan waktu tunggu antrian dan waktu pelayanan yang berbeda di kedua objek. Penulis juga mendapatkan waktu pelayanan berbanding lurus dengan waktu tunggu antrian konsumen.