Strategi Event Management PT Bank X dalam Memberikan Edukasi Keuangan di Kalangan Milenial (Studi Kasus: Event Y)
Main Author: | Novita Hariyanti, Juni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14186/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14186/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14186/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14186/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14186/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14186/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14186/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14186/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14186/ |
Daftar Isi:
- Oleh: Juni Novita Hariyanti Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gaya hidup konsumtif yang dilakukan oleh generasi muda khususnya milenial yang mengakibatkan kurangnya pemahaman dalam mengatur finansial dengan baik. Hal ini yang membuat PT Bank X melakukan sebuah strategi untuk dapat memberikan edukasi mengenai keuangan di kalangan milenial. Edukasi ini menjadi sangat penting sehingga diperlukan sebuah strategi komunikasi yang sesuai dalam memberikan edukasi mengenai keuangan bagi generasi milenial. Strategi ini berupa penyelenggaraan event untuk mempertemukan dan menghasilkan interaksi antara PT Bank X dengan generasi milenial. Dalam penelitian ini menggunakan konsep event management dari Shone & Parry dalam model The Planning Process for Events Management. Ada pun penggunaan metodologi dalam penelitian ini yaitu menggunakan paradigma postpositivisitik, dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam bersama tiga informan, yang terdiri dari satu informan kunci dan dua infroman pendukung lainnya. Teknik keabsahan data yang digunakan berupa penjodohan pola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Bank X menggunakan event sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan dan memberikan edukasi keuangan ke generasi milenial. Dalam melaksanakan event untuk memberikan edukasi keuangan di kalangan milenial, PT Bank X menggunakan strategi event management dan menjalankan semua tahap yang terdapat dalam konsep Shone & Parry. Namun dalam pelaksanaan evaluasi masih terdapat kekurangan yaitu tidak melakukan evaluasi ke pengunjung melainkan hanya melakukan evaluasi bersama tim inti dan volunteer, serta beberapa influencer dan KOL yang hadir.