Peran Sinematografer dalam Membuat Video Konten Media Sosial Di PT. Ricco Karta Sejahtera

Main Author: Frensia, Winna
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/14127/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/14127/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/14127/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/14127/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/14127/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/14127/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/14127/7/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/14127/
Daftar Isi:
  • Saat ini peluang profesi di bidang sinematografi tidak terbatas pada rumah produksi atau perusahaan yang bergerak di bidang periklanan saja. Demi menekan biaya jasa pembuatan iklan, banyak perusahaan ritel yang kini merekrut sinematografer untuk bekerja di perusahaan mereka. Salah satunya adalah PT. Ricco Karta Sejahtera, salah satu perusahaan ritel kosmetik lokal. Penulis mencari pengalaman magang di perusahaan ritel untuk mengenal sistem pekerjaan sinematografer diluar perusahaan yang khusus bergerak di bidang kreatif. Terbiasa dengan materi pekerjaan sinematografer berbasis rumah produksi yang diajarkan Di Universitas Multimedia Nusantara, membuat Penulis menemui beberapa kendala selama melaksanakan praktek kerja magang sebagai sinematografer di perusahaan ritel, khususnya dari segi waktu dan perlengkapan pendukung perekaman. Namun kendala ini justru menjadikan Penulis lebih cekatan lagi dalam menyikapi masalah yang terjadi pada saat proses produksi dan lebih berani bereksplorasi dengan perlengkapan yang kurang memadai. Tidak seperti perusahaan kreatif yang mengandalkan konsep unik dan kreativitas dari pembuatnya, perusahaan ritel lebih mengandalkan konsep yang sesuai dengan tren di kalangan kompetitornya, sehingga idealisme sinematografer harus mampu mengimbangi kebutuhan perusahaan. Tempo pekerjaan kreatif dalam perusahaan ritel sangat cepat sehingga bagi orang yang sudah terbiasa bekerja mengikuti basis rumah produksi, perlu banyak adaptasi terhadap waktu untuk bisa menyesuaikan dengan perusahaan khususnya di bagian pra-produksi.