Strategi Pengurangan Ketidakpastian dalam Komunikasi Interpersonal Antar Peserta Didik dan Guru Beda Budaya di Ruang Kelas

Main Author: Setiani, Natasha
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/14097/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/14097/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/14097/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/14097/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/14097/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/14097/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/14097/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/14097/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/14097/
Daftar Isi:
  • Ketidakpastian adalah sesuatu yang dirasakan oleh orang saat pertamakali bertemu, di mana komunikan dan komunikator saling menaruh prasangka terhadap satu dengan yang lainnya. Ketidakpastian tidak hanya dirasakan saat pertamakali bertemu saja, namun terjadi juga saat kita berusaha melakukan komunikasi dan berinteraksi dengan orang yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda seperti dalam penelitian ini ketidakpastian terjadi oleh native teacher dan studentnya. Ketidakpastian yang terjadi antara native dan student di kelas jika terus menerus dibiarkan tentu saja akan berdampak pada proses belajar mengajar yang tidak efektif dan efesien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab, jenis dan strategi ketidakpastian yang digunakan dalam kelas Wall Street. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori pengurangan ketidakpastian dengan metode studi kasus. Informan pada penelitian ini terdiri dari 6 orang yang terbagi menjadi dua orang guru native yang berasal dari Canada dan Australia, serta 4 peserta didiknya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada hambatan dalam komunikasi interpersonal yang disebabkan oleh adanya ketidakpastian, hambatan yang utama adalah perbedaan Bahasa. Untuk mengatasi ketidakpastian yang terjadi, berdasarkan temuan data yang diperoleh Native teacher lebih cenderung mengkombinasikan tiga strategi yaitu pasf, aktif dan interaktif, sedangkan murid cenderung menggunakan salah satu strategi saja antara pasif, aktif dan interaktif untuk mengurangi ketidakpastian dalam ruang kelas beda budaya/ multi kultural di Wall Street English.