Perancangan Gamebook "Climathya" Untuk Meningkatkan Rasa Empati Pada Usia 14 - 25 Tahun
Main Author: | Sandra Nangoy, Regina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14096/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14096/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14096/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14096/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14096/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14096/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14096/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14096/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14096/ |
Daftar Isi:
- Empati adalah sebuah kemampuan untuk merasakan emosi atau perasaan orang lain, sekaligus kemampuan untuk membayangkan apa yang dipikirkan atau dirasakan orang lain. Dampak dari kemampuan empati yang rendah dapat mengakibatkan ketidakpekaan kemampuan untuk merasakan, membayangkan emosi diderita oleh orang lain dan lebih akan berujung mementingkan ego diri sendiri. Rendahnya empati pada seseorang bisa diakibatkan karena keterlibatan pada situasi lingkungan yang kurang baik atau secara genetika dari sejak lahir. Tetapi rasa empati itu sendiri dapat ditingkatkan kembali dengan membaca buku cerita. Oleh sebab itu, penulis mengangkat topik ini dan diteliti dengan metode penelitian gabungan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif didapat melalui hasil survei yang disebarkan kepada orang yang belum tahu bahwa empati dapat ditingkatkan melalui membaca. Lalu mengumpulkan data kualitatif berupa teori dasar perancangan, bahan studi referensi dan wawancara dari narasumber ahli dan disusun. Hasil akhir dari perancangan yaitu berupa game book berjudul Climathya dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan empati kepada orang yang membaca melalui cerita yang bisa dihubungkan dengan situasi yang paling sering terjadi, karakter yang terlibat di dalam cerita dan interaktivitas yang dapat melibatkan pembaca.