Daftar Isi:
  • Proses pemasaran yang dilakukan pada era globalisasi menuntut setiap perusahaan untuk memiliki struktur yang memadai dalam melaksanakan proses pemasaran khususnya dalam proses penyampaian informasi kepada pihak internal atau pun pihak eksternal. Fungsi komunikasi pemasaran tidak hanya memasarkan produk atau brand kepada pelanggan, tetapi komunikasi pemasaran juga berfungsi untuk menyampaikan pesan yang terkandung pada suatu brand dan menjalin hubungan jangka panjang dengan para pelanggan. Salah satu aktivitas yang diperlukan oleh perusahaan adalah kegiatan yang melibatkan Public Relations. Dalam menyampaikan pesan dari perusahaan dibutuhkan jembatan yang memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi di mata pelanggan. Jembatan yang dapat membangun kepercayaan pelanggan yaitu media. Perusahaan sebagai pihak yang membutuhkan publikasi akan menggunakan Public Relations sebagai pilihan yang efektif dalam membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. PT Metrox Global adalah perusahaan ritel yang bergerak khusus di bidang fashion dan lifestyle yang telah hadir sejak tahun 2004 dan sudah berkembang menjadi perusahaan ritel yang cukup besar. Tugas yang penulis lakukan terkait dengan kegiatan Public Relations di dalam divisi Marketing Communication yang berkaitan langsung dengan kegiatan yang melibatkan media atau pihak eksternal untuk berbagai brand di dalam PT Metrox Global atau bisa disebut dengan media relations. Berdasarkan pelaksanaan praktik kerja magang yang penulis lakukan di dalam divisi Public Relations PT Metrox Global, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa proses dan pelaksanaan strategi Public Relations merupakan hal yang penting untuk mendapatkan publikasi dari media yang berguna dalam meningkatkan kredibilitas bagi PT Metrox Global di mata audiens.