Daftar Isi:
  • Oleh: Prilly N. Chandradi Persaingan dalam brand bisnis terus berkembang semakin ketat. Setiap brand berlomba-lomba untuk membangun dan memperkuat citranya di mata customer dan khalayak umum. Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi salah satu strategi perusahaan untuk memperkuat brand. Volvo Trucks menganggap bahwa supir truk merupakan faktor yang sangat penting dalam perkembangan dan pertumbunahan bisnis pada perusahaan. Seperti yang dilakukan oleh Volvo Trucks melalui PT. Wahana Inti Selaras dengan menyelenggarakan event kompetisi antar pengemudi truk yang merupakan bagian dari entitas bisnis dari Volvo Trucks. Event ini dilakukan dengan memberikan apresiasi kepada para pengemudi truk dengan pelatihan secara gratis dengan kompetisi dan juga refreshing dengan membawa peserta keliling kota Jakarta dan mendapatkan full treatment selama acara. Dalam pelaksanaan CSR dibutuhkan juga event management yang baik untuk menyempurnakan CSR ini dengan tahaptahap perencanaan event. Penelitian ini mengacu pada tahap-tahap perencanaan event dari Goldblatt yakni research, planning, design, coordinating dan evaluation. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan empat informan kompeten yang berkontribusi langsung dalam pelaksanaan event ini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan sifat penelitian ini adalah deskriptif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa event Volvo Truck Driver Challenge 2019 mengimplementasikan strategi event management berdasarkan kaidah-kaidah dan konsep yang ada.