Perancangan Rig untuk Mencapai Gerakan Fleksibilitas dalam Tokoh Animasi 3D "Wkwkland"
Main Author: | Ciazaria, Keisya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/13871/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/13871/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/13871/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/13871/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/13871/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/13871/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/13871/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/13871/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/13871/ |
Daftar Isi:
- Rigging merupakan proses yang penting di dalam produksi sebuah film animasi karena setiap gerakan membutuhkan sistem penggerak. Oleh karena itu, rig harus dirancang sedemikian rupa untuk mendukung aspek visual gerakan yang dapat menyampaikan konsep film dengan optimal. Film animasi 3D âWkwkLandâ memiliki konsep gerakan yang berfokus pada anggota gerak atau lengan yang lentur. Gerakan fleksibel atau lentur merupakan gerakan yang memiliki jangkauan gerak yang luas dan mudah dibengkokkan. Selain itu, terdapat tiga unsur gerak dalam animasi berupa exaggeration, squash and stretch, dan arc. Dengan demikian, rancangan rig berfokus untuk merancang lengan wkwkers yang dapat memanjang, bergelombang, dan melengkung. Berdasarkan konsep dan kebutuhan gerakan yang ada, penulis mengobservasi rancangan rig yang telah ada untuk diterapkan. Referensi yang diteliti merupakan ribbon Maya dan Sine Deformers di dalam Rig ular. Dengan penerapan tersebut diharapkan rancangan rig dapat menampilkan aspek visual gerakan kelenturan.