Pengaruh Sales Promotion "Tumbler Day" di Official Instagram Starbucks Indonesia @starbucksindonesia Terhadap Keputusan Pembelian

Main Author: Valerie Widyaprastha, Arvy
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/13843/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13843/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13843/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13843/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13843/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13843/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13843/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13843/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13843/
Daftar Isi:
  • Oleh: Arvy Valerie W Pada era modern ini, pertumbuhan bisnis kedai kopi di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Kedai kopi lokal yang mulai menjamur membuat pelaku bisnis harus pintar melakukan berbagai promosi agar bisnis nya tetap berjalan. Salah satu cara yang dilakukan Starbucks Indonesia dalam bersaing dengan kedai kopi lokal adalah membuat berbagai promosi penjualan, salah satunya adalah "Tumbler Day". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Sales Promotion "Tumbler Day" yang dipublikasikan di Instagram resmi Starbucks Indonesia @starbucksindonesia terhadap keputusan pembelian dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanatif dengan menggunakan metode survei. Untuk mengumpulkan data tersebut, dilakukan pembagian kuesioner secara online. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan nonprobability samping dengan purposive sampling karena responden yang terpilih merupakan followers Instagram @starbucksindonesia. Dari penyaringan tersebut terkumpulah sampel sebanyak 400 responden. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana, dapat dibuktikan adanya pengaruh Sales Promotion "Tumbler Day" sebesar 78,3% terhadap keputusan pembelian followers Instagram @starbucksindonesia. sedangkan 21,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Penelitian ini juga menguji teori Elaboration Likelihood Model yang mengungkapkan bahwa strategi persuasi dapat menentukan perubahan sikap dan keputusan seorang konsumen.