Pengaruh Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus: Pengaruh “Bundling Voucher Subscription” Melalui Aplikasi Grab pada Generasi Milenial Kota Jakarta)

Main Author: Eriska, Eriska
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/13836/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13836/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13836/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13836/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13836/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13836/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13836/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13836/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13836/
Daftar Isi:
  • Persaingan sengit antara aplikasi layanan on demand Grab dan Gojek mendorong kedua perusahaan berlomba untuk memenangkan persaingan. Salah satu caranya dengan melakukan pendekatan komunikasi pemasaran. Salah satu taktik yang digunakan oleh aplikasi Grab yaitu menawarkan sales promotion dalam bentuk bundling voucher subscription. Bundling voucher subscription adalah paket berlangganan selama kurun waktu tertentu yang terdiri dari sejumlah voucher potongan harga layanan yang dibayarkan dengan harga yang lebih murah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan besaran pengaruh sales promotion dalam bentuk bundling voucher subscription terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi Grab pada generasi milenial kota Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian berupa studi kasus dengan sifat penelitian eksplanatif. Metode penelitian adalah survey. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner tertutup. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling kepada 103 responden. Setelah mengumpulkan data dari responden, dianalisa dengan uji korelasi dan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh dan besaran pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lemah sales promotion dalam bentuk bundling voucher subscription terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi Grab oleh generasi milenial di Jakarta dengan pengaruh sebesar 34,4% dan sisanya sebesar 64,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti kelas ekonomi yang kurang sesuai dengan penawaran, pemilihan daerah yang kurang tepat, penawaran bundling voucher subscription yang kurang tepat atau kurang sesuai dengan kebutuhan penggunanya, pemberian sales promotion yang dilakukan bersamaan, penawaran sejenis yang lebih menarik oleh kompetitor, atau hal lainnya.