Perancangan Environment pada Komik Interaktif "YOGASWARA"
Main Author: | Amorita Tulus, Agatha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/13814/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/13814/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/13814/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/13814/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/13814/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/13814/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/13814/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/13814/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/13814/ |
Daftar Isi:
- Untuk meningkatkan minat remaja terhadap sejarah Indonesia, penulis merancang projek tugas akhir adaptasi sejarah proklamasi Indonesia yang menggunakan media komik interaktif. Dengan projek ini, penulis berharap minat remaja terhadap sejarah proklamasi dapat ditingkatkan. Penulis memilih visual storytelling berupa komik interaktif, karena stimulus visual lebih baik untuk mengingat, mengenali dan menghubungkan fakta dengan konsep. Sementara media android dipilih karena pengguna internet yang meningkat dan luasnya penyebaran gadget di Indonesia. Laporan ini mencakup tahapan perancangan environment sebagai elemen penting agar pembaca mampu mengenali latar tempat, suasana dan waktu serta memberikan fitur interktif dalam cerita. Dalam tahapan perancangan environment, penulis menggunakan metode penelitian pengumpulan data kuantitatif, yaitu dengan observasi, wawancara, forum group discussion, dan studi referensi. Sementara, untuk metode perancangan environment, penulis menggunakan teori pra-produksi menurut Alex Galuxin. Dalam survei kepada 50 pembaca yang sudah dilakukan sebanyak dua kali, environment pada komik interaktif juga terbukti berhasil menjadi latar dan memberikan fitur interaktif pada cerita dalam komik interaktif yang meningkatkan minat remaja terhadap kisah proklamasi.