Daftar Isi:
  • Aktivitas Public Relations (PR) dengan fungsi strategisnya memampukan perusahaan membangun dan memelihara relasi dengan stakeholders-nya sehingga tujuan dari perusahaan dapat tercapai. PR yang berhasil melaksanakan fungsinya akan menciptakan peluang bagi perusahaan untuk berdinamika dengan lebih efektif dan efisien. Karena fungsinya ini, PR menyentuh aktivitas hubungan yang sangat luas. Salah satu aktivitas PR yaitu menjali relasi dengan komunitas (community relations). Penulis melaksanakan program kerja magang PT Lippo Karawaci Tbk pada Direktori Marketing, di divisi Field Marketing Officer berkesempatan untuk melakukan praktik langsung di aktivitas community relations dengan melakukan community engagement. Sebagai mahasiswa yang melaksanakan program kerja magang, penulis mendapatkan wawasan dan pengalaman baru, melatih profesionalitas dalam dunia kerja, dan melatih tanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan dengan tepat. Community engagement yang dirancang mengikuti kaidah tahapan perencanaan strategis PR. Program event kolaborasi dan kerja sama yang dirancang telah melalui hasil riset dan analisa, dan mempengaruhi strategi dan taktik yang dipilih. Melalui kerja magang ini, penulis secara langsung mempraktikan teori community relations yang diterima di dunia pendidikan ke dalam praktik di dunia kerja. Pengalaman program kerja magang ini memberikan penulis pengetahuan dan pengalaman terhadap persiapan dan perencanaan dalam aktivasi community engagement.