Representasi Citra Garuda Indonesia pada Masa Covid-19 (Studi Semiotika Roland Barthes pada Unggahan Youtube Garuda Indonesia Periode Maret-April 2020)

Main Author: Bayu Yubillianto, Stefanus
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/13768/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13768/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13768/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13768/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13768/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13768/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13768/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13768/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13768/
Daftar Isi:
  • Pemanfaatan media sosial dengan menampilkan video corporate advertising menjadi sebuah alternatif baru bagi perusahaan untuk menampilkan citranya di mata masyarakat. Situasi pandemi Covid-19 ini dipandang oleh Garuda Indonesia untuk memberikan layanan dan kontribusi di masa Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran atau repesentasi citra merek dari Garuda Indonesia yang merupakan maskapai penerbangan yang turut memberikan kontribusinya kepada masyarakatdi tengah pandemi virus Covid-19 yang tidak diprediksi datangnya. Representasi citra Garuda Indonesia berusaha diketahui melalui tanda-tanda berupa pesan gestural dan emosi yang muncul dalam tayangan tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian semiotika. Data akan dianalisis menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat tanda-tanda yang merepresentasikan citra Garuda Indonesia pada masa Covid-19 melalui pelayanan dan aktifitas yang dilakukan Garuda Indonesia. Representasi citra Garuda Indonesia dalam hal kualitas pelayannan, rasa simpati, empati, serta solidaritas tergambarkan melalui analisis lima kode pembacaan Roland Barthes.