Analisis pengaruh reputation, usability, security terhadap trust in intermediary dan trust in sellers serta implikasinya terhadap repurchase intention telaah pada customer qlapa.com
Main Author: | Henny, Henny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/1368/1/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/1368/2/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/1368/3/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/1368/4/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/1368/5/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/1368/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/1368/7/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/1368/ |
Daftar Isi:
- Dengan semakin berkembangnya tren berbelanja online membuat sebagian besar perusahaan E-commerce menciptakan ladang bisnis bagi diri mereka sehingga membuat sebagian orang mencoba mencari ide bisinis yang beragam untuk menarik minat dari online shoppers. Salah satu perusahaan E-commerce yang menjadikan diri mereka sebagai marketplace yang mempertemukan penjual dan pembeli secara online adalah Qlapa.com dimana perusahaan tersebut bergerak dalam bidang produk handmade lokal.Qlapa.com yakin dengan adanya website ini dapat membantu ataupun mempermudah para pengrajin dan pembeli untuk bertransaksi tanpa harus langsung bertemu. Hal ini dikarenakan pengrajin lokal yang sangat banyak dan tersebar diberbagai daerah di Indonesia sehingga diharapkan dengan adanya website Qlapa.com dapat lebih mempermudah pembeli untuk menjangkau pengrajin dan produk handmade yang diminati dari suatu daerah tertentu. Sesuai dengan survei awal yang dilakukan diketahui customer pada website Qlapa.com lebih banyak melakukan pembelian sebanyak satu kali dalam rentan waktu 6 bulan. Adapun permasalahan pada penelitian ini diajukan untuk mengetahui apakah repurhase intention pada konsumen konsumen website Qlapa.com dipengaruhi oleh reputation, usability, security melalui trust in intermediary dan trust in sellers. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan 6 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 responden, memiliki usia minimal 17-35 tahun, merupakan konsumen yang pernah membeli produk handmade pada website Qlapa.com sebanyak satu kali dalam rentan waktu 6 bulan terakhir. Hasil analisis menunjukan bahwa usability dan security berpengaruh positif terhadap repurchase intention melalui trust in intermediary dan trust in sellers. Namun, ditemukan bahwa reputation tidak berpengaruh terhadap trust in intermediary. Maka dari keenam hipotesis yang diajukan tidak semuanya tidak sesuai dengan hasil temuan penelitian sebelumnya. Sehingga disarankan Qlapa.com untuk memperhatikan reputation untuk dapat meningkatkan repurchase intention melalui trust in intermediary dna trust in sellers.