Pengaruh Kredibilitas dan Daya Tarik Didi Kempot sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian pada Shopee 2.2 Men Sale

Main Author: Michelle, Michelle
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/13674/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13674/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13674/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13674/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13674/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13674/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13674/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13674/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13674/
Daftar Isi:
  • Oleh: Michelle Penelitian ini dilatarbelakangi dengan fenomena penggunaan brand ambassador oleh pemasar. Brand ambassador dianggap dapat mempersuasi khalayak melalui kredibilitas dan daya tariknya. Shopee menggunakan sosok penyanyi legendaris Didi Kempot sebagai brand ambassador untuk promosi Shopee 2.2 Men Sale. Hal yang menarik untuk dikaji adalah apakah kredibilitas dan daya tarik Didi Kempot dapat mempengaruhi keputusan membeli. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh kredibilitas dan daya tarik Didi Kempot terhadap keputusan membeli Shopee 2.2 Men Sale. Acuan teori penelitian ini adalah Elaboration Likelihood Model untuk melihat bagaimana proses penerimaan pesan yang disampaikan komunikator diproses dengan rute central atau peripheral. Selain itu, didukung dengan konsep kredibilitas, daya tarik dan keputusan pembelian. Penelitian ini bersifat eksplanatif menggunakan metode survei. Populasi adalah followers akun Instagram @Shopee_ID, sampel diambil secara purposive sebanyak 200 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner online, dianalisis dengan menggunakan uji regresi berganda. Hasil uji hipotesis membuktikan kredibilitas dan daya tarik Didi Kempot berpengaruh signifikan sebesar 13.5% terhadap keputusan pembelian pada Shopee 2.2 Men Sale. Secara parsial, hanya variabel daya tarik yang berpengaruh secara signifikan. Kemungkinan besar Didi Kempot baru menjadi brand ambassador Shopee pada awal tahun 2020. Hasil ini menegaskan faktor seperti pesan yang disampaikan dalam promosi, insentif promosi yang diberikan dan word of mouth dapat memengaruhi keputusan membeli.