Daftar Isi:
  • Perubahan preferensi masyarakat ke customer relationship berbasis digital, mengharuskan perusahaan yang bergerak di industri perhotelan untuk ikut berinovasi. Salah satu inovasi yang digunakan oleh perusahaan Intiwhiz adalah mengembangkan program customer relationship berbasis aplikasi yang diberi nama Whiz Mate, dengan tujuan untuk meningkatkan brand loyalty para pelanggannya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model customer relationship management, implementasi CRM, evaluasi yang dikemukakan oleh Nykamp. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan penggunaan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari konsep yang dikemukakan Nykamp, terdapat beberapa aspek yang belum sepenuhnya dijalankan oleh Intiwhiz, yaitu pada tahap implementasi, yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti sistem dan staf, dan terdapat peningkatan kunjungan tamu loyal ke jaringan hotel Intiwhiz. Hal ini menunjukkan bahwa strategi CRM berupa aplikasi dapat meningkatkan brand loyalty, meskipun Intiwhiz harus lebih menerapkan model CRM menurut Nykamp untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan terperinci.