Daftar Isi:
  • UMN Pictures adalah sebuah studio yang berdiri sejak tahun 2017 sebagai sebuah unit usaha di bawah nama UMN. Tujuannya adalah menjadi jembatan yang menyiapkan alumni UMN untuk memasuki dunia industri. UMN Pictures menjadi pilihan penulis karena penulis ingin mempelajari tentang pipeline studio animasi sebelum memasuki dunia industri. Ketika memulai kerja magang di UMN Pictures, penulis ditempatkan sebagai intern dalam divisi technical artist. Selama proses magang tersebut penulis mempelajari teknik dan proses pembuatan tools yang dapat mempermudah dan mengotomatisasikan pekerjaan di dalam studio, khususnya diintegrasikan ke dalam aplikasi Maya. Diadakannya training animasi untuk internal studio bersamaan dengan keharusan bekerja secara Work From Home (WFH) karena pandemik Covid-19 menjadi sebuah kendala besar. Tetapi kendala terbesar bagi penulis adalah kurangnya pengetahuan penulis tentang pengembangan software, yang tentunya sangat berbeda dengan pipeline pembuatan animasi yang diajarkan di kampus. Untuk dapat mengerjakannya, penulis harus mempelajari framework studio yang dinamai Jasmine, dan juga penggunaan Git untuk version control system, serta mendalami pengetahuan tentang bahasa pemrograman Python.