Perancangan Kampanye Sosial Penggunaan Asuransi Perjalanan Wisata
Main Author: | Astarie M. Setiawan, Yolanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/13580/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/13580/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/13580/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/13580/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/13580/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/13580/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/13580/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/13580/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/13580/ |
Daftar Isi:
- Ketertarikan penulis dengan perjalanan wisata dan campaign menjadi salah satu alasan penulis untuk memilih topik asuransi perjalanan. Dengan terus meningkatnya tingkat perjalanan wisatawan Indonesia, kebutuhan asuransi penting untuk dimiliki oleh masing-masing wisatawan karena terdapat berbagai risiko tak terduga yang dapat terjadi selama perjalanan. Sayangnya, penggunaan asuransi perjalanan di Indonesia masih sangat rendah. Sebanyak 52,2% responden dari hasil penelitian tidak pernah menggunakan asuransi perjalanan sebelumnya. Proporsi dari asuransi aneka pun hanya sekitar 10% dari total premi asuransi nasional, di mana di dalam asuransi aneka tidak hanya terdapat asuransi perjalanan saja. Di dalam laporan ini penulis akan merancang bagaimana mengkomunikasikan peningkatan penggunaan asuransi perjalanan bagi para wisatawan melalui kampanye sosial serta merancang visual yang menunjukkan kemungkinan risiko buruk jika tidak menggunakan asuransi perjalanan melalui kampanye sosial. Penulis melakukan pengumpulan data melalui wawancara ahli, wawancara wisatawan, kuesioner online, serta Focus Group Discussion. Terbukti dari hasil pengumpulan data, sebagian besar target audiens tidak pernah menggunakan asuransi perjalanan sebelumnya saat melakukan perjalanan. Dengan dirancangnya tugas akhir ini, diharapkan literasi dan penetrasi asuransi perjalanan dapat meningkat.