ctrlnum 13578
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/13578/</relation><title>Perancangan Lighting dalam Film Animasi 3D &#x201C;Hifa The Mushroom Shepherd&#x201D;</title><creator>Bartholius Dinata, Reinnard</creator><subject>N Visual arts</subject><description>Penulis memilih topik lighting sebagai bahasan laporan tugas akhir, karena lighting tidak hanya berfungsi sebagai penyampai narasi dan mood, tetapi lighting juga dibutuhkan untuk dapat memvisualisasikan lokasi dan waktu kejadian serta keadaan cuaca secara meyakinkan. Dalam perancangan lighting dibutuhkan pemahaman akan unsur - unsur yang membentuk lighting itu sendiri seperti temperatur warna, serta tata cara peletakan lighting. Berangkat dari pemahaman tersebut maka penulis dapat mengaplikasikannya dalam cara merancang lighting untuk keadaan siang hari dan sore hari yang tetap mendukung konsep cerita yang ingin disampaikan. Penulis akan merancang lighting pada film animasi &#xE2;&#x80;&#x9C;Hifa The Mushroom Shepherd&#xE2;&#x80;&#x9D; sehingga dapat menggambarkan keadaan saat siang hari dan sore hari dengan karakteristik yang sesuai dengan mood atau situasi yang ingin dibangun dalam cerita. Penelitian ini akan dilakukan dengan cara metodologi kualitatif, dimana penulis akan menggunakan teori &#xE2;&#x80;&#x93; teori dan referensi dari film &#xE2;&#x80;&#x93; film lainnya. Penulis akan menggunakan acuan referensi dari film, real life, dan daylight system dari 3DS Max untuk membantu perancangan lighting ini. Berdasarkan penelitian ini, penulis mampu merancang pencahayaan untuk keadaan siang hari dan sore hari berdasarkan cerita. Dari penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi rujukan dan membantu penelitian serupa.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13578/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13578/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13578/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13578/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13578/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13578/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13578/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13578/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Bartholius Dinata, Reinnard (2020) Perancangan Lighting dalam Film Animasi 3D &#x201C;Hifa The Mushroom Shepherd&#x201D;. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>13578</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Bartholius Dinata, Reinnard
title Perancangan Lighting dalam Film Animasi 3D “Hifa The Mushroom Shepherd”
publishDate 2020
topic N Visual arts
url http://kc.umn.ac.id/13578/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13578/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13578/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13578/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13578/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13578/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13578/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13578/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13578/
contents Penulis memilih topik lighting sebagai bahasan laporan tugas akhir, karena lighting tidak hanya berfungsi sebagai penyampai narasi dan mood, tetapi lighting juga dibutuhkan untuk dapat memvisualisasikan lokasi dan waktu kejadian serta keadaan cuaca secara meyakinkan. Dalam perancangan lighting dibutuhkan pemahaman akan unsur - unsur yang membentuk lighting itu sendiri seperti temperatur warna, serta tata cara peletakan lighting. Berangkat dari pemahaman tersebut maka penulis dapat mengaplikasikannya dalam cara merancang lighting untuk keadaan siang hari dan sore hari yang tetap mendukung konsep cerita yang ingin disampaikan. Penulis akan merancang lighting pada film animasi “Hifa The Mushroom Shepherd” sehingga dapat menggambarkan keadaan saat siang hari dan sore hari dengan karakteristik yang sesuai dengan mood atau situasi yang ingin dibangun dalam cerita. Penelitian ini akan dilakukan dengan cara metodologi kualitatif, dimana penulis akan menggunakan teori – teori dan referensi dari film – film lainnya. Penulis akan menggunakan acuan referensi dari film, real life, dan daylight system dari 3DS Max untuk membantu perancangan lighting ini. Berdasarkan penelitian ini, penulis mampu merancang pencahayaan untuk keadaan siang hari dan sore hari berdasarkan cerita. Dari penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi rujukan dan membantu penelitian serupa.
id IOS6965.13578
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2020-12-19T03:50:54Z
last_indexed 2020-12-19T03:50:54Z
recordtype dc
_version_ 1686477460402601984
score 17.538404