Pengaruh Penggunaan Kartu Kredit dan Mobile Payment terhadap Kenyamanan dan Willingness to Pay di Department Store
Main Author: | Jordanto Halim, Jorghi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/13564/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/13564/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/13564/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/13564/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/13564/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/13564/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/13564/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/13564/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/13564/ |
Daftar Isi:
- Setiap industri di dunia sekarang bergerak menuju era baru dimana digitasisasi menjadi motor utama dalam mengembangkan setiap usaha yang berlangsung dalam roda perekonomian yang disebut dengan era industri 4.0. Pada era ini setiap proses bisnis dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital, majunya teknologi internet mendatangkan peluang usaha baru bagi mereka yang jeli melihat kesempatan dimana penggunaan smartphone menjadi target market yang luar biasa besar. Penelitian terdahulu dalam metode pembayaran sering membahas pengaruh penggunaan kartu kredit dibandingkan dengan penggunaan uang tunai. Pada penelitian kali ini, yang akan dibahas dalam metode pembayaran adalah mobile payment dan kartu kredit untuk mengetahui hubungannya dalam proses pembayaran dengan kenyamanan dalam membayar dan willingness to pay. Pada penelitian ini, peneliti melakukan survey kepada konsumen yang telah berbelanja menggunakan kartu kredit maupun mobile payment saat bertransaksi di department store. Hasilnya diketahui bahwa penggunaan kartu kredit berpengaruh terhadap kenyamanan tetapi kenyamanan berpengaruh negatif terhadap willingness to pay sehingga kenyamanan tidak memediasi payment form dengan willingness to pay. Berbeda dengan mobile payment yang berpengaruh terhadap kenyamanan dan willingness to pay dan kenyamanan memediasi payment form dengan willingness to pay.