Analisis Strategi Web Series Grab Indonesia dalam Menciptakan Brand Image Studi Kasus Terhadap Grabseries “Inovasi Itu Dekat”

Main Author: Nathasya, Jessica
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/13552/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13552/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13552/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13552/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13552/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13552/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13552/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13552/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13552/
Daftar Isi:
  • Oleh: Jessica Nathasya Di era digital ini, Youtube sukses menjadi platform yang paling diminati. Menurut We Are Social , terdapat 88% pengguna aktif Youtube di Indonesia. Salah satu konten yang cukup diminati adalah Web Series. Web Series sendiri mulai digunakan oleh beberapa brand sebagai salah satu strategi pemasaran. Brand yang menggunakan Web Series adalah Grab dengan judul Inovasi Itu Dekat. Pesan inti Your Everyday Everything App #AplikasiUntukSemua dikemas ke dalam Web Series Inovasi Itu Dekat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh Grab Indonesia dalam menciptakan Brand Engagement, serta mengetahui bagaimana Grab melakukan tahapan The Laboratory Model dalam membentuk Web Series untuk menciptakan Brand Engagement. Paradigma yang digunakan adalah Post Positivistime, dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, teknik pengumpulan data adalah melalui wawancara mendalam, Forum Group Discussion, dokumentasi, dan observasi yang kemudian dikuatkan dengan uji keabsahan data menurut Robert K. Yin. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Grab Indonesia menggunakan Web Series sebagai salah satu strategi untuk menciptakan Brand Engagement. Selain itu, Web Series Grab juga telah sejalan dengan The Laboratory Model menurut Klaus Fog. Simpulan dari penelitian ini adalah walaupun strategi Web Series merupakan salah satu bagian dari keseluruhan strategi yang dilakukan oleh Grab untuk menciptakan Brand Engagement, tetapi strategi ini dipercaya menciptakan Brand Engagement Grab.