Daftar Isi:
  • Oleh: Ivana Kurniawan Teknologi dari zaman ke zaman dinilai memiliki kemajuan yang pesat. Hal ini pun menunjang munculnya media online. Perkembangan digital yang terjadi juga mendorong para pelaku usaha media untuk lebih kreatif dan memberikan inovasiinovasi baru dalam mengelola bisnisnya (economy.okezone.com, 2018, para.7). Salah satu media online yang berkembang di Indonesia adalah PT Liputan Enam Dot Com (KapanLagi Youniverse). KapanLagi Youniverse (KLY) merupakan perusahaan hasil merger dari PT Kapan Lagi Network dan PT Kreatif Media Karya. Selain menyajikan artikel berita, KLY memiliki layanan pembuatan konten kreatif. Pembentukan konten kreatif dilakukan oleh Strategic Planner. Dalam pelaksanaan praktik kerja magang sebagai Strategic Planner, penulis mendapat kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut terkait pembuatan proposal perencanaan strategi komunikasi pemasaran yang akan diberikan kepada klien KLY. Konsep planning yang digunakan adalah SOSTAC dan yang diterapkan dalam praktik kerja magang mulai dari situation analysis sampai dengan action. Berdasarkan praktik kerja magang yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa peran dari Strategic Planner adalah membuat proposal perencanaan strategi komunikasi pemasaran serta pedoman yang digunakan dalam proposal perencanaan adalah SOSTAC Planning Process. Penulis memberi saran kepada pihak KLY salah satunya dengan memberikan informasi mengenai inventori milik KLY dalam bentuk dokumen dan kepada pihak Universitas Multimedia Nusantara yaitu lebih banyak tugas dalam pembentukan proposal perencanaan strategi komunikasi pemasaran yang akan disesuaikan dengan permasalahan yang dimiliki.