Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasari dengan kehadiran teknologi media baru dan internet yang mampu membuat E-WOM (online review) dapat dilakukan di media sosial, salah satunya adalah Instagram. Salah satu industri yang menggunakan E-WOM di Instagram adalah film. Objek yang dipilih dalam penelitian ini adalah film NKCTHI yang telah menjadi salah satu film Indonesia dengan jumlah penonton terbesar di awal 2020 dan mendapatkan banyak review positif dari pengguna Instagram. Penelitian ini penting dilakukan agar para pelaku industri film dapat mendukung online review untuk mendorong minat menonton masyarakat, serta memperoleh feedback yang positif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara online review dengan minat menonton, serta seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 300 responden yang telah memenuhi kriteria dan menghasilkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara online review di media sosial Instagram dengan minat menonton film NKCTHI, yaitu sebesar 40 persen.