Implementasi Teknik Gamifikasi Terhadap Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android
Main Author: | Gautama, Peter |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/13451/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/13451/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/13451/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/13451/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/13451/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/13451/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/13451/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/13451/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/13451/ |
Daftar Isi:
- Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional yang paling sering digunakan dalam percakapan antar negara. Bahasa Inggris begitu penting untuk dipelajari dan perlu mendapat perhatian besar dari masyarakat luas. Motivasi merupakan salah satu faktor yang dibutuhkan untuk meningkatkan minat masyarakat dalam mempelajari bahasa Inggris. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan teknik gamifikasi sebagai faktor motivasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi pembelajaran bahasa inggris berbasis android dengan menggunakan teknik gamifikasi melalui framework Six Steps to Gamification (Werbach dan Hunter). Aplikasi ini dievaluasi melalui pembagian kuesioner berbasis Technology Acceptance Model dan mendapatkan hasil sebesar 88.79% pada kategori perceived ease of use, 83.30% pada kategori perceived usefulness, 86.54% pada kategori attitude toward using, 82.06% pada kategori behavioral intention to use, dan 80.35% pada kategori actual use.