Pengaruh Return on Equity, Ukuran Perusahaan, Reputasi Auditor, dan Reputasi Underwriter terhadap Underpricing

Main Author: Sherin, Sherin
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/13443/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13443/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13443/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13443/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13443/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13443/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13443/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13443/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13443/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh return on equity, ukuran perusahaan, reputasi auditor, dan reputasi underwriter terhadap underpricing. Underpricing adalah kondisi dimana harga saham pada penawaran umum perdana (IPO) lebih rendah dari harga saham pada pasar sekunder pada hari pertama. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini dianalisa dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini adalah 52 perusahaan yang melakukan penawaran saham perdana (IPO) di BEI pada periode 2015 – 2018; menerbitkan saham untuk memperoleh dana dan tidak relisting; mengalami underpricing saat IPO; memiliki porsi penjaminan underwriter yang berbeda; memiliki laporan keuangan auditan satu periode terakhir sebelum IPO; menggunakan Rupiah sebagai mata uang penyajian; dan mencatatkan laba satu periode terakhir sebelum IPO. Hasil penelitian ini adalah (1) return on equity berpengaruh positif signifikan terhadap underpricing; (2) ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap underpricing; (3) reputasi auditor tidak berpengaruh positif terhadap underpricing; dan (4) reputasi underwriter tidak berpengaruh positif terhadap underpricing.