Daftar Isi:
  • Dalam dunia animasi 3D, sebuah tokoh atau benda yang ingin dimanipulasi/digerakkan membutuhkan adanya rigging untuk memungkinkan geometri bergerak sesuai dengan yang diinginkan. Rigging membantu animator menggerakkan geometri tanpa merusak geometri itu sendiri. Oleh karena itu, penulis membahas perancangan rigging terhadap dua tokoh, Hifa dan Colly pada animasi Hifa the Mushroom Shepherd. Hifa sebagai humanoid dan Colly yang membutuhkan rigging khusus untuk menggabungkan sifat jamur dan hewan berkaki empat. Selain itu, penulis juga membahas perancangan facial rig yang bertujuan untuk memungkinkan sebuah tokoh dapat mencapai ekspresi-ekspresi yang dapat mendukung adegan dalam scene animasi. Animasi 3D yang akan dibuat oleh penulis memiliki genre fantasi, akan tetapi dari fantasi itu dibuat berdasarkan kehidupan nyata yang nantinya akan ditambahkan dengan salah satu prinsip animasi yaitu exaggeration. Penulis menggunakan kualitatif sebagai metode penelitian. Penulis akan mencari sumber-sumber dari internet dan melakukan riset lebih lanjut mengenai pergerakan yang dibutuhkan oleh manusia beserta ekspresi-ekspresi yang diciptakannya, hewan berkaki empat, dan sifat jamur dengan cara observasi. Dari observasi yang diperoleh, penulis dapat merangkum dan menggunakan data tersebut sebagai panduan untuk animasi 3D yang akan dibuat.