Daftar Isi:
  • Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptil adalah satu-satunya museum bertemakan reptil di Indonesia. Museum tersebut memiliki koleksi reptil endemik Indonesia terlengkap di wilayah Jabodetabek, yang terdiri dari koleksi reptil yang diawetkan dan yang hidup. Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptil juga menyediakan berbagai kegiatan sehingga pengunjung dapat melihat dan mempelajari mengenai satwa reptil dengan cara yang interaktif. Meskipun demikian, kenyataannya awareness dan minat masyarakat terhadap museum ini masih kurang. Bila hal tersebut dibiarkan, potensi museum tersebut sebagai wisata edukasi terabaikan dan banyak informasi yang tidak tersampaikan kepada publik mengenai satwa reptil yang merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia yang dibanggakan. Maka dari itu dibutuhkan perancangan media promosi agar Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptil lebih dikenal dan diminati oleh masyarakat. Dalam perancangan media promosi ini penulis mengumpulkan data melalui metode kuantitatif dan kualitatif antara lain kuesioner, wawancara, observasi, dan studi referensi, dan data yang telah terkumpul digunakan untuk merancang strategi promosi hingga desain visual yang diterapkan ke berbagai media.