Analisis Pengaruh Perceived Ease of Use terhadap Intention to Continue Play Melalui Perceived Convenience dan Perceived Playfulness serta Pengaruh Social Influence dan Flow Experience terhadap Intention to Continue Play: Telaah pada Permainan PUBG Mobile di Indonesia

Main Author: Dharma Theravada, Adi
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/13422/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13422/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13422/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13422/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13422/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13422/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13422/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13422/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13422/
Daftar Isi:
  • Industri game merupakan salah satu industri yang terus berkembang dengan sangat cepat dan banyak diminati pada dewasa ini. Perkembangan dalam industri game mulai sangat dilirik oleh masyarakat karena dukungan teknologi dan banyak game yang bermunculan serta menyediakan perlombaan dengan hadiah yang menarik. Tingginya pemain serta antusiasme yang besar dalam bermain game, membuat banyak developer merilis berbagai game dengan genre Battle Royale khususnya untuk mobile. PUBG Mobile selaku game mobile sangatlah terkenal pada tahun 2018, akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu PUBG Mobile dikalahkan oleh Free Fire. Sehingga perlu diteliti apakah faktor – faktor yang mempengaruhi intention to continue play pada PUBG Mobile agar bisa menjadi lebih bersaing dengan para pesaingnya. Data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini sebanyak 216 responden yang berasal dari domisili di Indonesia dengan hasil perceived ease of use mempunyai pengaruh signifikan terhadap perceived convenience, perceived ease of use mempunyai pengaruh signifikan terhadap perceived playfulness, perceived convenience mempunyai pengaruh signifikan terhadap intenion to continue play, perceived playfulness mempunyai pengaruh signifikan terhadap perceived intention to continue play,dan social influence mempunyai pengaruh signifikan terhadap intention to continue play. Sedangkan untuk perceived ease of use tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap intention to continue play, dan flow experience tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap intention to continue play. Pada penelitian ini, social influence merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap intention to continue playing game karena memberikan pengaruh sebesar 73%. Penelitian ini, menggunakan descriptive research dengan metode penyebaran adalah kuesioner dengan uji olah data menggunakan software LISREL versi 8.8 menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM).