Analisis Pengaruh Attitude toward Green Products, Environmental Concern, Perceived Consumer Effectiveness dan Perceived Environmental Knowledge terhadap Green Purchase Intention Studi Kasus: Stuja Coffee

Main Author: Utari Putri, Rahma
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/13403/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13403/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13403/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13403/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13403/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13403/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13403/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13403/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13403/
Daftar Isi:
  • Saat ini, sampah plastik sudah menjadi isu yang sangat penting untuk kita perhatikan. Di tahun 2018, sampah plastik yang berasal dari Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun di mana sebanyak 3,2 juta ton tersebut merupakan sampah plastik yang dibuang langsung ke laut. Negara Indonesia masuk ke dalam 5 negara teratas yang paling banyak membuang sampah plastik ke laut. Indonesia berada di peringkat kedua penyumbang sampah plastik ke laut, diikuti negara Filipina, Vietnam, Sri Lanka, dan peringkat pertama diduduki oleh Tiongkok. Terdapat 15 sektor subindustri di dalam sektor industri pengolahan nonmigas di Indonesia. Dari 15 subsektor industri tersebut, industri yang paling banyak berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di tahun 2018 adalah industri makanan dan minuman. Tingginya kontribusi subsektor kuliner merupakan pengakumulasian dari beberapa jenis bisnis kuliner yang tumbuh sangat pesat saat ini. Salah satunya adalah industri pengolahan kopi. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahui pengaruh dari Attitude toward green products, Environmental concern, Perceived consumer effectiveness, Perceived environmental knowledge, terhadap Green purchase intention. Studi kasus: Stuja Coffee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kesioner secara offline kepada responden. Kriteria responden dalam penelitian ini yaitu tidak pernah sebelumnya mengunjungi Stuja Coffee. Model teoritis di dalam penelitian ini disampaikan dengan 7 hipotesis yang dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika terdapat hubungan positif antara Perceived Consumer Effectiveness, Attitude Toward Green Products, Environmental Concern, dan Green Purchase Intention.