Konsumsi Berita dan Pemahaman Digital Natives Tentang Berita Clickbait di Media Online
Main Author: | Glen Padeng, Daniel |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/13372/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/13372/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/13372/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/13372/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/13372/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/13372/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/13372/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/13372/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/13372/ |
Daftar Isi:
- KONSUMSI BERITA DAN PEMAHAMAN DIGITAL NATIVES TENTANG BERITA CLICKBAIT DI MEDIA ONLINE Oleh: Daniel Glen Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya penggunaan judul clickbait oleh media online di Indonesia sebagai daya tarik agar pembaca mengonsumsinya. Kaum digital natives dipilih karena pada saat ini mereka lah yang banyak menggunakan internet sebagai alat untuk mendapatkan sumber informasi sehari-hari. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa digital natives melalui smartphone-nya banyak menggunakan fitur agregator berita dari aplikasi pesan instan Line yaitu Line Today dan portal berita online khususnya Tribunnews.com ketika mencari berita. Kedua media tersebut dianggap oleh digital natives sebagai tempat yang paling banyak ditemukan berita clickbait. Teori uses and gratifications digunakan dalam penelitian ini sebagai landasan teori untuk meneliti alasan digital natives memilih media online tertentu dalam mengonsumsi berita. Lalu terdapat konsep mengenai clickbait, digital natives dan motif mengonsumsi berita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data in-depth interviews kepada 7 orang key informan yang merupakan khalayak digital natives dengan rentang usia 18-30 tahun. Hasil penelitian ini menemukan bahwa khalayak digital natives mengkonsumsi berita melalui smartphone-nya di pagi hari melalui media sosial maupun portal berita. Dari kedua media tersebut terdapat enam jenis judul clickbait yang sering dijumpai yaitu teasing, inflammatory, formatting, bait-andswitch, ambiguous, dan wrong. Berbagai judul clickbait tersebut dipersepsikan mereka sebagai sesuatu yang berdampak buruk bagi pembaca dan juga menurunkan kredibilitas media dan kualitas berita serta jurnalisme di Indonesia.