Hubungan Literasi Media dan Informasi dengan Perilaku Menyebarkan Hoaks di Media Sosial pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi
Main Author: | Rizky, Martyasari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/13370/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/13370/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/13370/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/13370/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/13370/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/13370/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/13370/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/13370/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/13370/ |
Daftar Isi:
- Semakin canggihnya teknologi semakin mudahnya juga informasi dapat tersebar, tidak terkecuali dengan persebaran hoaks yang merajalela di internet, tidak terkecuali media sosial. Setiap menit, setiap detiknya masyarakat tidak dapat lepas dari interaksi di media sosial. Media sosial saat ini, kerap menjadi candu bagi penggunanya. Dan tidak sedikit masyarakat yang bisa langsung mempercayai beritaberita yang tersebar di media sosial, tanpa adanya pemeriksaan kebenaran terlebih dahulu, dan parahnya masyarakat kerap langsung memposting ulang atau menyebarkannya secara luas, tidak memperdulikan informasi tersebut adalah suatu informasi benar atau hanya sebuah hoaks. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin melihat hubungan literasi media dan informasi dengan perilaku menyebarkan hoaks di media sosial pada mahasiswa Ilmu Komunikasi. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini ialah literasi media dan informasi, hoaks, dan media sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif yaitu untuk menjelaskan mengapa suatu peristiwa terjadi, dan untuk mengembangkan atau menguji teori/konsep yang ada. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i program studi ilmu komunikasi di Jakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi media dan informasi serta perilaku menyebarkan hoaks mahasiswa Ilmu Komunikasi tergolong tinggi, dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,42 dan 3,55.