Tingkat Kepuasan Khalayak Generasi Milenial terhadap Berita Infografis di Media Online: Survei pada Generasi Milenial Usia 19 - 39 Tahun di Jakarta dan Tangerang

Main Author: Audina Oktariyanti, Rizma
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/13343/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13343/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13343/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13343/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13343/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13343/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13343/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13343/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13343/
Daftar Isi:
  • Oleh Rizma Audina Oktariyanti Kehadiran internet semakin mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi. Beragam informasi di media online disajikan tidak hanya dalam bentuk tulisan, tetapi juga infografis. Media online berusaha mengetahui keinginan dan memenuhi kebutuhan khalayak dengan berinovasi menyajikan berita dalam bentuk infografis yang dikemas lebih ringkas, dengan tujuan informasi dapat lebih mudah dipahami. Namun, apakah informasi yang dikemas lebih ringkas dalam bentuk berita infografis dapat memuaskan khalayak. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti seberapa besar tingkat kepuasan khalayak terhadap berita infografis di media online pada generasi milenial. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui tingkat Gratification Sought (Kepuasan yang Dicari) dan tingkat Gratification Obtained (Kepuasan yang Diperoleh) oleh generasi milenial, serta untuk mengetahui apakah terdapat kepuasan generasi milenial terhadap berita infografis di media online dengan menggunakan Gratification Discrepancy (Kesenjangan Kepuasan) oleh Palmgreen. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uses and Gratification, Gratification Discrepancy, Media Online, Berita Infografis, dan Generasi Milenial. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif deskriptif ini adalah survei. Pembaca berita media online didominasi oleh generasi milenial di wilayah urban/perkotaan sehingga populasi dalam penelitian ini yaitu pembaca berita online di Indonesia. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 406 orang dengan kriteria pembaca berita infografis di media online yang berusia 19 – 39 tahun di wilayah urban/perkotaan, yaitu DKI Jakarta dan Tangerang Raya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat ketidakpuasan dari pembaca berita infografis di media online atau kebutuhan dari khalayak tersebut hanya sekadar terpenuhi pada keseluruhan indikator, yaitu General Information Seeking, Decisional Utility, Entertainment, Interpersonal Utility, dan Parasocial Interaction. Total mean GS adalah 44.37 dan total mean GO adalah 43.78. Hasil total mean GO (43.78) dikurangi hasil total mean GS (44.37) adalah -0.59. Jadi, nilai kesenjangan kepuasan dalam penelitian ini adalah -0.59 atau bernilai negatif yang menunjukkan ketidakpuasan berita infografis di media online pada khalayak pembaca generasi milenial.