Daftar Isi:
  • Pada Ramadhan 2019, media sosial Instagram marak digunakan sebagai medium beriklan oleh e-commerce di Indonesia. Sociolla merupakan satu dari sekian banyak e-commerce di Indonesia, yang ikut memeriahkan bulan Ramadhan dengan memberikan informasi mengenai pesan diskon melalui Instagram setiap harinya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pesan diskon dalam Instagram Sociolla terhadap minat beli. Variabel pesan diskon ditentukan oleh dua dimensi, yaitu frekuensi dan intensitas. Sedangkan, variabel minat beli ditentukan oleh minat transaksional, minat referensial, minat preferensial, dan minat eksploratif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe eksplanatif dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah survei, melalui kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah followers akun Instagram Sociolla. Kuesioner disebarkan kepada 400 sampel, dan data diolah menggunakan statistik inferensial. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas yaitu pesan diskon memberikan kontribusi terhadap variabel dependen yaitu minat beli sebesar 31,3%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pesan diskon dalam Instagram Sociolla terhadap minat beli sebesar 31,3%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.