Daftar Isi:
  • Di era globalisasi ini menuntut setiap perusahaan untuk melakukan inovasi khususnya dalam memenangkan persaingan. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan antara lain dengan meningkatkan layanan yang bergerak dalam customer relationship management yaitu dengan cara menjalin interaksi dengan konsumen dengan berbagai cara melalui database yang dimiliki oleh perusahaan. Database yang dimiliki perusahaan tentunya harus tertata dan tersusun dengan baik untuk tujuan memudahkan perusahaan dalam mendata konsumen melalui informasi yang dimiliki oleh perusahaan. Tujuan penggunaan database ini salah satunya selain untuk menjalin komunikasi dengan konsumen untuk menciptakan hubungan jangka panjang tetapi juga dapat digunakan untuk optimalisasi penjualan dengan cara meningkatan database dan hubungan interaksi dengan konsumen. Sehingga, database sangatlah menjadi kunci bagi perusahaan untuk menjadi petunjuk arah penjualan agar setiap produk dapat dipasarkan sesuai dengan pasar yang tepat sesuai dengan produk kita. Melalui, database penganalisaan setiap penjualan yang dilakukan oleh para perusahaan untuk menawarkan produk baru kepada pelanggan baik kepada pelanggan lama maupun pelanggan baru yang dimiliki oleh perusahaan.