Strategi Personal Selling Tokopedia dalam Menciptakan Niat Beli Pelanggan (Studi Kasus Program Monthly Unique Buyer Manado, Makassar dan Kendari)
Main Author: | Purbawihayu, Saraswening |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/13313/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/13313/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/13313/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/13313/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/13313/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/13313/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/13313/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/13313/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/13313/ |
Daftar Isi:
- Tokopedia sebagai âe-commerce âyang menyandang status unicorn menemukan fakta bahwa lebih dari 80% penggunanya hanya terpusat di Jabodetabek dan pulau Jawa. Hal ini yang kemudian melatarbelakangi adanya program Monthly Unique Buyer (MUB)untuk menciptakan dan meningkatkan niat beli pengguna baru di Indonesia terhadap Tokopedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi âpersonal selling âTokopedia melalui program MUB dalam menciptakan niat beli pengguna baru. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan sifat kualitatif deskriptif melalui proses wawancara, studi pustaka dan observasi.. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kesimpulan bahwa dalam perencanaan programnya, Tokopedia mengacu pada data analisis terlebih dahulu yang bertujuan untuk mendapatkan target yang sesuai untuk merancang strategi program âpersonal selling. Peran tim SPG yang berada di lapangan pada program MUB cukup penting, karena mereka lah yang menjadi representasi Tokopedia untuk setiap daerah. Kecakapan SPG untuk berkomunikasi dalam bentuk presentasi dan persuasi menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan program. Simpulan terakhir mengacu pada temuan bahwa strategi dan kinerja SPG saja tidak cukup untuk menjalankan program MUB, namun harus diimbangi dengan penawaran promosi yang bisa menarik niat beli pengguna baru.