Analisis Kriteria Dalam Pemilihann Lokasi Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) Pada Toko Solusi Tools Shop
Main Author: | Wijanto, Benedictus Christian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/1328/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/1328/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/1328/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/1328/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/1328/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/1328/6/BAB%20v.pdf http://kc.umn.ac.id/1328/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/1328/8/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/1328/ |
Daftar Isi:
- Salah satu faktor penting dalam membangun sebuah usaha adalah menentukan lokasi dimana usaha tersebut akan dibangun. Penelitian ini menggunakan penghitungan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang memiliki dua tujuan. Pertama, penelitian ini menentukan beberapa kriteria dan atribut atau sub kriteria dalam melakukan pemilihan lokasi untuk sebuah toko. Kedua, penelitian ini juga menentukan lokasi yang memiliki potensi terbaik dari beberapa alternatif yang ada dengan menggunakan kriteria serta atribut atau sub kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan empat kriteria, tiga belas atribut atau sub kriteria, dan tiga alternatif. Proses AHP melibatkan pembuatan struktur hirarki masalah, menentukan prioritas bobot dari kriteria serta atribut, dan membuat peringkat sesuai dengan prioritas tertinggi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa kriteria populasi memiliki peranan terpenting dalam menentukan pemilihan lokasi yang didukung dengan kriteria posisi dan fasilitas. Selanjutnya tiga atribut atau sub kriteria dominan adalah daya beli konsumen, mudah dijangkau, dan jarak dari pusat keramaian. Pemilihan lokasi alternatif yang dicapai melalui penelitian ini adalah Pluit (A2) yang memiliki nilai total terbesar 43%.