Kebijakan Redaksi Kompas.com dalam Mengolah dan Mempublikasikan Informasi di Media Sosial saat Debat Pilpres 2019
Main Author: | Christian Sitanggang, Aldo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/13238/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/13238/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/13238/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/13238/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/13238/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/13238/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/13238/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/13238/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/13238/ |
Daftar Isi:
- Di tahun ini, cukup banyak media yang membuat konten infografis selama debat Pilpres 2019 berlangsung. Infografis tersebut berupa pengutipan dari para calon dan klaim data yang disampaikan selama debat berlangsung dan akan diunggah di media sosial. Salah satu media yang membuat konten infografis tersebut adalah Kompas.com. Berkaca dari kasus Tirto yang dinilai masyarakat menyebarkan berita bohong dan mengadu domba, Kompas.com melakukan berbagai hal untuk meminimalisir hal tersebut. Penelitian ini mengadopsi konsep hierarchy of influence dari Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese, yakni proses yang dilalui untuk menerima atau menolak berbagai informasi yang tersedia. Penelitian ini berangkat dari keingintahuan bagaimana proses Redaksi Kompas.com yang bekerja sama dengan Kompas TV dan Harian Kompas menyeleksi pernyataan dan klaim data yang terjadi selama debat berlangsung. Dilandasi dengan metode penelitian studi kasus, penelitian ini akan dijelaskan secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tim Redaksi (Kompas.com, Kompas TV, dan Harian Kompas) menggunakan nilai berita sebagai dasar yang digunakan dalam memilih berbagi pernyataan dan klaim data selama debat berlangsung. Selain itu, Kompas.com juga mengacu para Kode Etik Jurnalistik, khususnya dalam menguji informasi dan memberitakan secara berimbang. Dari lima tingkatan gatekeeping yang dilalui, hanya tiga yang cukup dominan dalam proses pembuatan infografis tersebut, yaitu level individu dan organisasi.