Daftar Isi:
  • Krisis global memicu Indonesia untuk meningkatkan persaingan domestik. Salah satunya melalui produksi mobil LCGC yang disambut antusias oleh pemain industri otomotif, termasuk Datsun yang dituntut untuk membentuk brand identity yang kemudian dilakukan melalui social media Facebook. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan aktivitas Fanpage Datsun Indonesia dalam membentuk brand identity dan melihat respon fans terhadap pesan yang disampaikan oleh Datsun. Konsep utama yang digunakan adalah kajian brand identity. Brand identity dalam penelitian ini terdiri dari enam perspektif yaitu merek sebagai produk, kumpulan nilai, pribadi, posisi, simbol dan organisasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi yang didukung dengan data wawancara. Sampel yang digunakan adalah 53 posting dari Datsun baik berupa teks dan gambar pada periode Oktober 2013. Wawancara dilakukan dengan Manajer Marketing & Communication Strategy Datsun dan tiga fans Fanpage Datsun Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Datsun belum maksimal dalam membentuk brand identity berdasarkan keenam perspektif identitas merek. Pembentukan brand identity yang cukup kuat hanya terdapat pada perspektif merek sebagai simbol dan perspektif merek sebagai pribadi. Sedangkan dalam pembentukan brand identity melalui komunitas virtual risers, Datsun terlalu lama menjual mimpi tanpa bukti sehingga menimbulkan keraguan di benak fans.