Pengaruh Internal Brand Management Terhadap Job Satisfaction & Brand Commitment serta Implikasinya Terhadap Intention to Stay pada Karyawan Perusahaan XYZ
Main Author: | Nanda, Mudita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/13210/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/13210/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/13210/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/13210/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/13210/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/13210/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/13210/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/13210/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/13210/ |
Daftar Isi:
- Pariwisata merupakan salah satu industri yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan GDP (Gross Domestic Product) dunia. Didukung dengan perkembangan teknologi yang memberikan kemudahan dan kecepatan bagi para penggunanya, batasan jasa yang bisa ditawarkan oleh industri pariwisata menjadi tidak terbatas. Salah satunya adalah perusahaan XYZ, perusahaan travel technology yang bersifat B2B. Perkembangan industri secara pesat tentunya berdampak pada pertumbuhan kebutuhan tenaga kerja, begitu juga dengan tingkat turnover. Perusahaan XYZ mengalami turnover karyawan sebesar 40.50% pada tahun 2019, sehingga dapat disimpulkan bahwa intention to stay karyawan rendah. Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan karyawan agar tetap bertahan adalah melalui internal brand management dan pemenuhan job satisfaction yang menjadi tuntutan karyawan, yang pada akhirnya akan meningkatkan brand commitment dan juga meningkatkan intention to stay mereka di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh positif antara internal brand management terhadap brand commitment, pengaruh positif antara internal brand management terhadap job satisfaction, serta menganalisa peranan brand commitment sebagai variabel mediasi antara job satisfaction dengan intention to stay karyawan perusahaan XYZ. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode nonprobability sampling, dengan teknik judgement dan convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online kepada 75 orang karyawan tetap perusahaan XYZ. Hasil pengolahan data pre-test dilakukan menggunakan software IBM SPSS Statistics versi 23.0, dan main-test menggunakan software SmartPLS3. Hasil penelitian menunjukan bahwa internal brand management berpengaruh secara positif terhadap brand commitment dan juga job satisfaction karyawan tetap perusahaan XYZ.