Pengaruh Konsumsi Berita Politik di Media Daring dan Pengetahuan Politik terhadap Ketertarikan Politik Generasi Milenial

Main Author: Rama, Dewa
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/13208/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13208/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13208/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13208/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13208/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13208/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13208/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13208/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13208/
ctrlnum 13208
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/13208/</relation><title>Pengaruh Konsumsi Berita Politik di Media Daring dan Pengetahuan Politik terhadap Ketertarikan Politik Generasi Milenial</title><creator>Rama, Dewa</creator><subject>HD30 Strategic Communication</subject><description>PENGARUH KONSUMSI BERITA POLITIK DI MEDIA DARING DAN PENGETAHUAN POLITIK TERHADAP KETERTARIKAN POLITIK GENERASI MILENIAL Oleh : Dewa Rama Skripsi ini membahas mengenai pengaruh konsumsi berita politik di media daring dan pengetahuan politik terhadap ketertarikan politik generasi milenial di Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications serta menggunakan konsep terkait dengan pengetahuan politik dan ketertarikan politik. Penelitian ini menggunakan dua indikator untuk mengukur konsumsi berita yaitu durasi dan frekuensi. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan tiga indikator dalam mengukur pengetahuan politik yaitu pengetahuan tentang pemerintah dan partai politik, pengetahuan tentang politik dalam negeri, dan pengetahuan tentang politik luar negeri. Sedangkan, ketertarikan politik menggunakan dua pertanyaan untuk mengukur tingkat ketertarikan politik, yaitu seberapa tertarik anda terhadap politik? dan seberapa tertarik anda terhadap iso sosial di masyarakat? Kemudian penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah survei eksplanatif yang bersifat asosiatif. Populasi dari penelitian ini yaitu generasi milenial di Kota Tangerang dengan tahun lahir dari 1981-1999. Penarikan sampel menggunakan teknik cluster random sampling kepada 406 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan survei tatap muka dengan menyebarkan terhadap sampel yang sudah peneliti tentukan. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh konsumsi berita politik di media daring dan pengetahuan politik terhadap ketertarikan politik sebesar 37%. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa jika diteliti secara masing-masing terdapat pengaruh konsumsi berita 29,6% terhadap ketertarikan politik. Sedangkan, pengaruh pengetahuan politik sebesar 28,1% terhadap ketertarikan politik.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13208/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13208/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13208/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13208/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13208/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13208/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13208/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13208/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Rama, Dewa (2020) Pengaruh Konsumsi Berita Politik di Media Daring dan Pengetahuan Politik terhadap Ketertarikan Politik Generasi Milenial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>13208</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Rama, Dewa
title Pengaruh Konsumsi Berita Politik di Media Daring dan Pengetahuan Politik terhadap Ketertarikan Politik Generasi Milenial
publishDate 2020
topic HD30 Strategic Communication
url http://kc.umn.ac.id/13208/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13208/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13208/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13208/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13208/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13208/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13208/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13208/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13208/
contents PENGARUH KONSUMSI BERITA POLITIK DI MEDIA DARING DAN PENGETAHUAN POLITIK TERHADAP KETERTARIKAN POLITIK GENERASI MILENIAL Oleh : Dewa Rama Skripsi ini membahas mengenai pengaruh konsumsi berita politik di media daring dan pengetahuan politik terhadap ketertarikan politik generasi milenial di Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications serta menggunakan konsep terkait dengan pengetahuan politik dan ketertarikan politik. Penelitian ini menggunakan dua indikator untuk mengukur konsumsi berita yaitu durasi dan frekuensi. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan tiga indikator dalam mengukur pengetahuan politik yaitu pengetahuan tentang pemerintah dan partai politik, pengetahuan tentang politik dalam negeri, dan pengetahuan tentang politik luar negeri. Sedangkan, ketertarikan politik menggunakan dua pertanyaan untuk mengukur tingkat ketertarikan politik, yaitu seberapa tertarik anda terhadap politik? dan seberapa tertarik anda terhadap iso sosial di masyarakat? Kemudian penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah survei eksplanatif yang bersifat asosiatif. Populasi dari penelitian ini yaitu generasi milenial di Kota Tangerang dengan tahun lahir dari 1981-1999. Penarikan sampel menggunakan teknik cluster random sampling kepada 406 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan survei tatap muka dengan menyebarkan terhadap sampel yang sudah peneliti tentukan. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh konsumsi berita politik di media daring dan pengetahuan politik terhadap ketertarikan politik sebesar 37%. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa jika diteliti secara masing-masing terdapat pengaruh konsumsi berita 29,6% terhadap ketertarikan politik. Sedangkan, pengaruh pengetahuan politik sebesar 28,1% terhadap ketertarikan politik.
id IOS6965.13208
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2020-12-19T03:50:27Z
last_indexed 2020-12-19T03:50:27Z
recordtype dc
_version_ 1686477458776260608
score 17.538404