Daftar Isi:
  • Oleh: Henry Hartoyo Online Travel Agency merupakan salah satu cabang dari e-commerce yang bergerak di bidang jasa. Karena negara Indonesia merupakan negara kepulauan, masyarakat Indonesia akan lebih banyak mengeluarkan biaya untuk transportasi. Meskipun banyak pilihan online travel agency, Traveloka tetap menjadi perusahaan di bidang travel online terbesar dan mempunyai pengguna terbanyak dibandingkan dengan perusahaan travel lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi user stickiness pengguna Traveloka. Penelitian ini akan mengadopsi model yang telah di modifikasi dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh (Elliot, Choi, & Li, 2016; Hsu & Lin, 2016). Metode analisis data yang akan digunakan pada penelitian ini adalah partial least square-structural equation modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian dengan jumlah kuesioner 193 data ini adalah variable hedonic value memiliki pengaruh terhadap satisfaction sedangkan utilitarian value tidak terbukti memiliki pengaruh terhadap satisfaction yang merupakan mediasi terhadap variable stickiness.