Rancang Bangun LINE Chatbot Layanan Informasi Lembaga Bimbingan Belajar Menggunakan Algoritma Boyer Moore (Studi Kasus: Winner Education)

Main Author: Sudono, Hermawan
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/13100/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13100/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13100/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13100/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13100/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13100/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13100/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13100/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13100/
Daftar Isi:
  • Kebutuhan masyarakat akan pendidikan nonformal terus mengalami peningkatan oleh sebab itu dibutuhkan suatu sistem informasi yang dapat menyampaikan/sebagai layanan informasi tentang lembaga yang menyediakan layanan pendidikan nonformal. Winner Education sebagai salah satu lembaga bimbingan belajar nonformal merasa perlu ada suatu aplikasi sebagai layanan informasi, yaitu salah satunya adalah aplikasi chatbot. Maka dibuatlah chatbot layanan informasi lembaga bimbingan belajar. Fitur utama dari aplikasi chatbot ini yaitu fitur pencarian kata kunci pada database. Pada fitur tersebut diterapkan String Matching untuk mencari kata kunci yang cocok sesuai masukan pengguna pada database. Adapun pada proses String Matching digunakan algoritma Boyer-Moore. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh hasil Black Box Testing sebesar 100% yang mengindikasikan bahwa algoritma Boyer-Moore mampu mencocokkan kata kunci yang tepat. Aplikasi ini telah dievaluasi menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dan mendapatkan hasil sebesar 81,3% menyatakan sangat setuju bahwa aplikasi dapat mudah digunakan (perceived ease of use), 82,5% menyatakan sangat setuju bahwa aplikasi dapat berguna (perceived usefulness), 75% menyatakan setuju bahwa aplikasi dapat digunakan dimasa yang akan datang (behavioral intention) dan 79,7% menyatakan setuju bahwa aplikasi nyaman digunakan (attitude towards use).