Analisis Pengaruh Value-Atittude-Behavior Model Terhadap Green Purchase Behavior: Telaah pada konsumen Air Minum Dalam Kemasan Ades di Jabodetabek

Main Author: Fadhillah Anwar, Adnan Zakiy
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/13070/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13070/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13070/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13070/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13070/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13070/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13070/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13070/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13070/
Daftar Isi:
  • Keberadaan sampah di Indonesia merupakan sebuah permasalahan yang sedang hangat diperbincangkan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya sampah plastik yang dibuang sembarangan sehingga mengalir ke perairan laut. Upaya dalam mengurangi permasalahan tersebut, pada tahun 2019 perusahaan Ades bekerjasama dengan salah satu organisasi pecinta alam yaitu Waste4Change dan transportasi online Gojek membuat sebuah gerakan yang bertajuk Niatmurni di mana perusahaan Ades mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam mengumpulkan botol bekas Adesnya. Dengan tingkat kesadaran masyarakat indonesia yang lebih memilih untuk membakar sampah nya dibandingkan dengan memilah sampah-sampah nya, merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi perusahaan Ades dalam melakukan gerakan NiatMurni ini. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui apakah implikasi dari value-attitude-behavior model memiliki pengaruh terhadap green purchase behavior telaah pada konsumen Air Minum Dalam Kemasan Ades di Jabodetabek. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan mengumpulkan data dari 196 responden yang kemudian diolah menggunakan software SmartPLS versi 3.2.8. Temuan dari penelitian ini adalah environmental consciousness memiliki pengaruh terhadap attitude towards environmental issues dan attitude towards eco-social benefits, attitude towars environmental issues dan green product information memiliki pengaruh terhadap green purchase behavior sedangkan attitude towards eco-social benefits dan green product quality tidak memiliki pengaruh terhadap green purchase behavior dalam penelitian ini.