Model Bisnis Media Online: Studi Kasus Media Online Nova.id
Main Author: | Sukma Amalia, Tyas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/13064/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/13064/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/13064/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/13064/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/13064/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/13064/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/13064/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/13064/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/13064/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi informasi khususnya internet memang menjadi pendorong awal mula kelahiran jurnalisme online. Munculnya berbagai inovasi platform digital memaksa para pengelola media untuk beradaptasi dengan lingkungan media yang baru. Hal ini dikarenakan para konsumen sudah menggunakan cara yang berbeda untuk menggunakan media dan menerima informasi, sehingga produk-produk jurnalistik mengikuti perubahan demi mendapat eksistensi di masyarakat. Dalam membangun sebuah media online akan ada bentuk pengelolaan media online yang akan berbeda dari media lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Nova.id memproduksi konten, mendistribusikan konten, dan model bisnis Nova.id. Hasil penelitian menemukan bahwa Nova.id menerapkan beberapa model dari konsep model bisnis Van Tassel dan Poe-Howfield dalam menjalankan medianya. Namun, Nova.id juga membuat inovasi-inovasi baru yaitu melakukan campaign âPintar Atur Uangâ. Selain itu, Nova.id juga menerapkan konsep jurnalisme online di seluruh kontenkontennya dan memanfaatkan seluruh platform digital seperti website, YouTube, dan media sosial (instagram, facebook, dan twitter) untuk mendistribusikan kontennya.