Analisis Pengaruh Information Quality terhadap Perceived Usefulness dan Perceived Playfulness serta Implikasinya pada Attitude toward Linkedin: Telaah pada Job Seekers Generasi Millennial di Jabodetabek

Main Author: Metta Mulyana, Thesya
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/13058/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13058/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13058/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13058/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13058/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13058/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13058/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13058/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13058/
Daftar Isi:
  • Dengan perkembangan teknologi dan penggunaan internet yang cukup pesat serta pergeseran generasi-x ke generasi millennial, mendorong perusahaan untuk merespon perkembangan tersebut dengan mengadopsi sistem e-recruitment yang juga disebut online recruitment atau bisa juga disebut rekrutmen berbasis web. Dengan adanya information technology, job seeker dan provider atau employer keduanya telah bergerak kepada platform teknologi berbasis rekrutmen sebagai alternatif dari cara rekrutmen tradisional dan attitude toward website memiliki peran penting dalam terbentuknya perilaku penggunaan dan untuk meningkatkan perilaku penggunaan dalam teknologi informasi maka attitude harus menjadi fokus utama. Terdapat beberapa alasan yang menyebabkan tingkat attitude tinggi terhadap suatu web, salah satunya adalah perceived usefulness dan perceived playfulness. LinkedIn merupakan sebuah platform sosial media pencari kerja yang menggabungkan antara situs pencari kerja dengan sosial media, munculnya linkedin sebagai platform rekrutmen berbasis sosial media menjadi salah satu bukti bahwa cara rekrutmen telah bertransformasi secara signifikan selama dua dekade. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah job seekers’ attitude toward linkedin dipengaruhi secara positif oleh perceived usefulness dan perceived playfulness dan apakah perceived usefulness dan perceived playfulness dipengaruhi secara positif oleh information quality. Penelitian ini berjenis kuantitatif menggunakan penyebaran kuesioner secara online & offline pada job seekers. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode descriptive research dengan metode non probability sampling dan teknik judgemental sampling & snowball sampling. Pengolahan data menggunakan SEM dengan software Lisrel versi 8.80 dan responden sebanyak 132 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif & signifikan antara information quality terhadap perceived usefulness dengan t-value sebesar 6.00, information quality terhadap perceived playfulness dengan t-value sebesar 4.72, perceived usefulness terhadap attitude toward linkedin dengan tvalue sebesar 3.80, dan perceived playfulness terhadap terhadap attitude toward linkedin dengan t-value sebesar 2.17.